Monday, August 22, 2016

Training Sertifikasi CCNA (Cisco Certified Network Asosiate) di BLC Telkom Klaten

Assalamualaikum Wr. Wb.
Senin 22 Agustus BLC Telkom Klaten kedatangan pengajar dari Nixtrain Bandung untuk melaksanakan training CCNA selama seminggu di BLC. Perwakilan dari Nixtrain adalah Ardes Setiawan yang sudah mengantongi sertifikat CCNA R/S 200-120 dan CCNA R/S 200-120.

A. Pengertian
Cisco Certified Network Associate (CCNA) Routing dan Switching adalah program sertifikasi yang ideal untuk insinyur jaringan entry-level untuk memaksimalkan pengetahuan jaringan dasar mereka. modul pelatihan kami menanamkan peserta dengan praktis, relevan dan industri-siap pengetahuan domain pada solusi jaringan.

Kursus ini memvalidasi peserta keterampilan berikut di akhir pelatihan:
  • Kemampuan untuk menginstal, mengkonfigurasi, mengoperasikan, dan atasi masalah jaringan ukuran sedang dialihkan dan beralih
  • Mengelola dan mengoptimalkan sistem jaringan, fokus pada infrastruktur jaringan, yang meliputi routing, switching, akses nirkabel, keamanan, dan konektivitas ke kantor cabang menggunakan WAN. 
Nixtrain adalah lembaga training center dan IT solution yang bertempat di Bandung, Jawa Barat dan berfokus pada bidang Networking, misalnya Cisco, Juniper, Mikrotik, etc.

B. Latar Belakang
Di dunia kerja, IPK tinggi ataupun nilai mata pelajaran yang bagus bukanlah standar utama bagi perusahaan untuk menerima karyawan dengan kriteria diatas. Perusahaan memerlukan calon karyawan yang memiliki kemampuan yang bisa di andalkan dan memiliki pribad i yang baik. Kemudian bagaimana perusahaan bisa mengerti bagaimana kemampuan salon karyawannya ? Sertifikat. yaaak... sertifikat bisa mencerminkan kemampuan seseorang terhadap kemampuan dirinya.

C. Tujuan
-Membuktikan kemampuan diri
-Sebagai bukti bahwa kita mampu melakukan apa yang diinginkan dari pembuat sertifikat

Uraian
 CCNA ini adalah sertifikasi Cisco yang berada ditingkat nomer 2 diatas CCENT. Bisa dilihat dari gambar, bagaimana skema dari sertifikasi cisco ini.
Ini penjelasan dari skema diatas:
1. CCENT (Cisco Certified Entry Networking Technician)

CCENT merupakan tingkatan sertifikasi cisco paling bawah. Pada sertifikasi ini kandidat diharapkan memiliki kompetensi untuk memasang, mengoperasikan dan troubleshoting jaringan enterprise berskala kecil. Secara garis besar, kurikulum yang ditawarkan meliputi networking fundamental, teknologi WAN, dasar keamanan jaringan dan konsep wireless, routing dan switching dan konfigurasi jaringan enterprise berskala kecil.

2. CCNA (Cisco Certified Network Associate)

CCNA merupakan sertifikasi cisco tahap lanjutan dari CCENT. Selain memiliki syarat kompetensi pada sertifikasi CCENT. Kandidat yang telah lulus CCNA juga memiliki pengetahuan yang cukup komprehensif mengenai fundamental wireless networking, dasar-dasar keamanan jaringan, TCP/IP, VLSM, CIDR, RIP, EIGRP, OSPF, NAT, ACL, VLAN, dan koneksi WAN.

Macam-macam spesialisasi dari CCNA antara lain: CCDA, CCNA Cloud, CCNA Collaboration, CCNA Data Center, CCNA Industrial, CCNA Routing and Switching, CCNA Security, CCNA Service Provider, CCNA Video, CCNA Voice, dan CCNA Wireless.

3. CCNP (Cisco Certified Network Professional)

CCNP adalah tingkatan untuk professional, sertifikasi ini menyatakan bahwa pemiliknya telah memiliki pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk menginstalasi, mengkonfigurasi, dan melakukan troubleshooting jaringan LAN/WAN dengan jumlah antara 100 sampai dengan 500 buah perangkat jaringan. Syarat untuk mendapatkan sertifikat CCNP adalah harus memiliki sertifikat CCNA terlebih dahulu.

Macam-macam spesialisasi dari CCNP antara lain: CCDP, CCNP Cloud, CCNP Collaboration, CCNP Data Center, CCNP Routing and Switching, CCNP Security, CCNP Service Provider, CCNP Voice, dan CCNP Wireless.

4. CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)

CCIE adalah tingkatan Expert, setiap orang yang memiliki sertifikat CCIE ini memiliki kemampuan expert  untuk mengatasi tantangan tertinggi dalam bidang networking. Macam-macam spesialisasi dari CCNP antara lain: CCDE, CCIE Collaboration, CCIE Data Center, CCIE Routing & Switching, CCIE Security, CCIE Service Provider, dan CCIE Wireless.

5. CCAr (Cisco Certified Architect)

CCAr adalah tingkatan paling tinggi dari semua sertifikasi cisco. Sertifikat CCAr ini didesain untuk senior network infrastructur architects. Yang memiliki kemampuan/pengetahuan khusus tentang teknologi dan arsitektur infrastruktur cisco.

Untuk harga yang harus dibayar tidaklah sedikit, tidak seperti les atau bimbel, sertifikasi ini membayat sampai 3 jutaan. 
Dari gambar kita bisa mengikuti ujian CCNA langsung dengan harga $295 atau sekitar 3.900.000,- belum lagi ditambah dengan biaya training dan ongkos jalan +makan :D

Untuk materi yang digunakan dalam CCNA dibagi menjadi beberapa sub bab, untuk yang ditunjuk anak panah keatas adalah kita mengikuti training bertahap yaitu CCENT Kemudian  CCNA, sedangkan yang mengarah kebawah kita mengikuti training 1 kali saja yaitu CCNA.
Ini adalah contoh ebooknya, Sepertia yang dikatakan Trainer kami, Ebook yang berwarna hijau masing-masing berisi 1000 halaman materi dan yang berwarna biru adalah gabungan dari buku warna hijau, jadi 2000 halaman.
Ini adalah contoh sertifikasi CCNA yang didapat oleh trainer kami yaitu mas Ardes Setiawan.

Sertifikat tersebut memiliki batas waktu berlaku yaitu selama 3 tahun, jadi apabila sudah habis masa nya maka perlu test ulang. Level dari sertifikasi juga mengalami upgrade secara bertahap, untuk mendapatkan materi yang upgrade harus melakukan sertifikasi ulang.

Dari uraian diatas terlihat bahwa untuk bersertifikat sangatlah sulit, namun terdapat salah satu orang yang memiliki 8 sertifikat CCIE. ini adalah daftarnya.
Menurut saya dia adalah orang yang gila hahaa :D

Referensi
http://www.transiskom.com/2015/07/mengenal-macam-macam-sertifikasi-cisco.html
https://twitter.com/nixtrain

1 komentar so far

IEEE Cloud computing DOamin is a general term for anything that involves delivering hosted services over the Internet. cloud computing projects The cloud projects for cse is a metaphor for a global network of remote servers which operates as a single ecosystem, commonly associated with the Internet. IEEE FInal Year Networking Projects for CSE Domains Networking Projects cloud computing is the delivery of computing projects services—including servers, storage, databases, networking projects, software, analytics, and intelligence


JavaScript Training in Chennai


JavaScript Training in Chennai


EmoticonEmoticon