Monday, September 5, 2016

Konfigurasi Routing OSPF di Mikrotik

Assalamualaikum Wr. Wb.

A. Pengertian
OSPF (Open Shortest Path First) adalah routing protokol yang menggunakan Link State Routing dan termasuk dalam Interior Gateway Protokol atau protokol local yang menggunakan satu Outonomous System. Untuk IP Versi 4 menggunakan OSPF versi 2 sedangkan IP Versi 6 menggunakan OSPF versi 3.

B. Latar Belakang
Latar Belakang dari kegiatan kali ini adalah OSPF merupakan bagian dari routing dinamic sehingga mudah dalam konfigurasi dan dapat diterapkan di jaringan yang amat besar.

C. Maksud dan Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini untuk menghubungkan jaringan yang berada dalam satu AS. Itu tujuan sebenarnya jika kita menghadapi didunia nyata, tapi karena kita hanya di packet tracer kita cukup menghubungkan jaringan yang berbeda network saja.

D. Jangka Waktu Pengerjaan
Untuk pengerjaan ini bisa dilaksanakan kurang dari 60 menit jika sudah memahami konsep OSPF itu sendiri.

E. Alat dan Bahan
- Dua buah router mikrotik atau lebih
- Koneksi antar router
- PC untuk meremote router dan juga sebagai client

Baca juga => Setting Routing Static di Mikrotik

F. Tahapan Pengerjaan
1. Kita buka winbox untuk meremote mikrotik. Login ke dalam mikrotiknya.


2. Kita pilih menu Routing => OSPF untuk masuk ke konfigurasi OSPFnya.


3. Kemudian masuk ke menu Interfaces dan rubah menu Redistribute Connected Routes  menjadi as type 1 ini untuk mendistribusikan route yang terpasang dan aktif pada interface.

4. Kemudian kita pindah ke menu Network dan tambahkan dengan memilih add dan masukan network yang terhubung dengan interface router kita.
Ini network yang terhubung dengan Local Area network nya. yaitu IP 192.168.1.0/24 untuk area kita pilih area backbone karena area backbone ini lah yang menjadi area dasar dalam routing ospf.
Ini adalah network kedua yang terubung dengan router saya. Untuk area tetap menggunakan area backbone karena kita mensetting ospf single area.

5. Setting sudah selesai, kita test dengan ping ke network yang ada di sebrang router kita. Hasilnya dalah kita bisa terhubung dengan network dilain subnet.

Baca juga => Setting router OSPF di Cisco packet tracer 

G. Hasil yang didapat
KIta dapat saling terhubung dengan client yang ada di seberang router.

H. Referensi
https://fahmidwi42.blogspot.co.id/2016/07/setting-router-ospf-di-cisco-packet.html
Materi Mikrotik MTCNA-05-2012.pdf

I. Kesimpulan
Routing merupakan proses penerjemahan dari network satu ke network berbeda lainnya, sehingga dapat saling terhubung. Routing ospf merupakan proses routing yang termasuk routing dinamik yang bisa menambahkan network lawan secara otomatis


EmoticonEmoticon