Saturday, June 18, 2016

Sharing Robotika dengan sang Juara di BLC

Assalamualaikum Wr.Wb. 
   
   Hari BLC terasa berbeda dengan hari-hari biasanya, pasalnya ada seorang juara yang mampir di BLC untuk mengenalkan tentang Robotika. Dia adalah Agur Yake Muia seorang mahasiswa di Universitas Sanata Darma yang sekaligus alumni SMK LEONARDO Klaten, Dia menjadi juara 3 dalam perlombaan robot tingkat nasional dalam kelas Robot Beroda Pemadam Api . Sejak kelas 6 SD dia mulai mengikuti perlombaan-perlombaan robot hingga sekarang.
   Di BLC Mas Agur membawa temannya untuk menjelaskan tentang robotika, mulai dari bagian-bagian controller yang disebut hingga cara untuk coding supaya robot bisa berjalan sesuai kehendak pembuat. Sedikit cuplikan dari apa yang dijelaskan mas Agur kepada peserta BLC bahwa robotika tidak hanya benda mati yang bisa bergerak seperti transformer atau lainya, tetapi robot dapat ditemukan dimana-mana apalagi sekarang sudah serba canggih contohnya adalah lampu merah ataupun kalkulator atau sejenisnya itu sudah termasuk robot.
   Dalam pembuatan robot sederhana digunakan Arduino. Arduino sendiri memiliki beberapa versi, antara lain Arduino Leonardo, Arduino mega, Arduino Uno, dan Arduino Micro. Sebenarnya semua Arduino tersebut memiliki fungsi yang sama, yang membedakan hanyalah jumlah pin yang ada jadi dapat mebeli sesuai kebutuhan pengguna. Arduino uno terdiri dari  dip dan smb, yang membedakan antara arduino diatas adalah ketahannya. Arduino dip dapat dipakai hingga lebih dari 1000x pengkodean dengan cara mengganti IC dari Arduinonya, sedangkan Arduino Uno smb hanya bisa dipakai hingga 1000x karena IC nya tidak dapat diganti/diperbaharui.
   Pengaturan program atau pengkodingan dilakukan menggunakan Arduino IDE yang dijalankan layaknya software pemrograman-pemrogran lainnya yang perlu pemahaman khusus dalam mengisinya.

Sekian sedikit cerita dari saya, just sharing semoga bermanfaat :-)<


EmoticonEmoticon