Thursday, June 16, 2016

Prakerin ? BLC aja..!!


   Perkenalkan nama saya Fahmi Dwi Payana, saya bersekolah di SMK N 1 NGAWEN. Bagi siswa SMK sudah pasti tidak asing lagi dengan yang namanya prakter kerja industri  (prakerin). Karena prakerin menjadi salah satu syarat bagi siswa-siswa SMK untuk mengikuti Ujian Nasional, dan saya adalah siswa SMK, jadi saya juga wajib untuk mengikuti prakerin .
   Kali ini (15/6/16)saya mendapat jadwal prakerin dari sekolah selama 3 bulan. Banyak pilihan bagi para siswa dalam memilih tempat prakerin diiarea Jogja-Solo-Klaten contohnya adalah Orion, Jogjaringan, Sigma dan masih banyak lagi. Diantara banyak tempat prakerin, saya tertuju pada suatu lembaga yaitu BLC TELKOM KLATEN.
   BLC (Boardband Learning Center) adalah lembaga pembelajaran yang fokus mempelajari tentang internet ataupun komputerisasi. BLC TELKOM KLATEN terletak di jantung kota klaten, tepatnya di Jl.Srigading no.7 Klaten Tengah. BLC dipimpin oleh Bapak Suwandono atau kita sering memanggilnya Mbah Suro.

  Hari pertama kali masuk saya langsung dibuat terkesima dengan anak-anak didik Mbah Suro yang memiliki kekeluargaan yang sangat erat mekipun mereka mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, ada yang dari Demak,Magelang,Rembang dan masih banyak lagi. Kenapa saya menuliskan begitu ? Karena pertama masuk saya memang yang paling awal datang, saya masih menunggu kedatangan teman-teman baru saya. Setelah beberapa saat menunggu datanglah teman-teman, mulai dari sinilah saya merasa takjub. Karena mereka langsung mencari posisi masing untuk membersihkan area BLC. Ada menyapu, cuci piring, bersih-bersih meja dan masih banyak lagi.
    Mungkin saya baru di BLC, tetapi baru pertama kali masuk kami sudah akrab dengan teman-teman. Karena sistem pembelajaran di BLC adalah "
learn and teach" atau belajar dan mengajar. Jadi saya dan teman-teman gampang faham yang diajarkan karena menggunakan bahasa yang sebaya.
   Disini kita dilatih memperkuat mental dengan cara presentasi setiap akhir periode dan apabila kita datang terlambat sebagai konsekwensi. Sehingga kita sudah siap dikirim ke perusahaan dengan mental yang kuat.

    Memang, disini Mbah Suro mengajarkan suatu nilai yang sangat berguna bagi anak-anak didiknya. Mbah Suro mengajarkan apa artinya kebersamaan, kemandirian, keberanian, sosial dll.

This Is The Oldest Page